Beranda | Artikel
Semarak Ramadhan YPIA Yogyakarta 1437H / 2016M
Kamis, 12 Mei 2016

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah subhanahu wata’ala, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam dan keluarganya, sahabatnya, serta orang-orang yang mengikuti mereka dalam kebaikan hingga hari akhir kelak. Amma ba’du.

Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia yang kehadirannya senantiasa dinantikan oleh kaum muslimin. Di bulan ini, amalan sholih dilipatgandakan ganjarannya. Oleh karena itu, orang-orang yang memahami keistimewaan Bulan Ramadhan ini tidak akan menyia-nyiakan sedikitpun waktunya. Kaum muslimin akan berlomba-lomba untuk mengisi waktu paginya, waktu siangnya, waktu sorenya, dan terutama waktu malamnya untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah.

Masjid-masjid akan menjadi lebih ramai terisi oleh para jama’ah dibandingkan bulan-bulan lainnya. Semangat seorang muslim untuk beribadah di Bulan Ramadhan akan saling menular dan menguatkan antara seorang muslim dan lainnya. Pintu-pintu kebaikan yang biasanya sepi dengan peminat akan kita dapati terbuka dngan sangat lebarnya dengan sejumlah besar orang berbondong-bondong memasukinya.

Oleh karena itu, Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari Yogyakarta berencana untuk mengadakan serangkaian kegiatan dakwah pada Bulan Ramadhan 1437 H ini. Selain itu, Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari juga membuka peluang untuk para muhsinin yang ingin berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan dakwah ini.

Di antara rangkaian kegiatan dakwah YPIA pada bulan Ramadhan 1437 H ini adalah:

1. Penyaluran buka puasa bersama

Kegiatan ini berupa menyalurkan makanan dan minuman untuk buka puasa bagi kaum muslimin jamaah masjid di wilayah Pedukuhan Pogung khususnya dan wilayah Provinsi DIY pada umumnya.

2. Penerbitan buku panduan Ramadhan

Melalui Pustaka Muslim, YPIA akan kembali menerbitkan buku Panduan Ramadhan yang berisi panduan amalan bagi seorang muslim di bulan Ramadhan. Buku ini merupakan karya dari Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, dan tahun ini telah memasuki tahun penerbitan ke-7. Buku Panduan Ramadhan ini akan didistribusikan secara gratis ke masjid-masjid, musholah, sekolah, sekolah, kampus, perusahaan, majelis ta’lim, instansi, dan sebagainya.

3. Kajian bedah buku Panduan Ramadhan

Penjelasan dan pembabaran materi-materi yang tertulis di buku Panduan Ramadhan langsung oleh penulisnya, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal. Acara ini berupa kajian terbuka untuk umum, putra dan putri.

4. Kajian intensif Ramadhan

Kajian intensif Ramadhan akan diselenggarakan mulai tanggal 1 – 20 Ramadhan.Materi yang disampaikan adalah “Cara Sholat Rasulullah” dengan merujuk pada buku “Shifatus Sholat” Pemateri kajian yang memberikan pelajaran adalah Ustadz Aris Munandar, S.S., M.Pi di masjid Al-Ashri pogung Rejo pada pukul 05.30 – 07.30 WIB. Kajian ini terbuka untuk umum, putra dan putri.

5. Bahasa arab dasar Ramadhan

Kegiatan BADAR Ramadhan merupakan salah satu program kegiatan belajar bahasa Arab di Ma’had Umar bin Khattab yang bertujuan untuk mendidik santri dengan rangkaian kitab pilihan guna memahamkan kaidah bahasa Arab hingga mencapai kemampuan yang diharapkan. Kelas yang dibuka pada periode ini adalah kelas dasar (Kitab Al Muyassar) dan kelas menengah (Kitab Al Mukhtarot)

6. Kajian menjelang buka puasa

Kajian Menjelang Buka Puasa akan diselenggarakan mulai tanggal 1 – 20 Ramadhan. Materi yang disampaikan adalah “Prinsip Dasar Ahlus Sunnah” dengan merujuk pada buku “Sittu Duror”. Pemateri kajian yang memberikan pelajaran adalah Ustadz Aris Munandar, S.S., M.Pi. Tempat penyelenggaraan kajian dilakukan di masjid Al-Kautsar Pogung Baru pada pukul 16.00 – menjelang waktu berbuka puasa dan terbuka untuk umum khusus putra.

7. Tahsin al quran

Kegiatan belajar untuk memperbaiki pembacaan Al-Quran, akan dilaksanakan pada 1 – 20 Ramadhan ba’da shalat tarawih selama 45 – 60 menit. Pelajaran dilakukan di masjid sekitar Pogung dengan pengajar dari Kampus Tahfidz Yogyakarta dan terbuka untuk umum.

8. SMS Taushiyah

SMS Tausiyah bertujuan memberikan siraman Islami berupa pesan singkat yang berisi nasihat-nasihat dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang berkaitan dengan bulan Ramadhan. SMS dikirim secara gratis ke nomor-nomor yang telah mendaftar ke panitia. Direncanakan SMS Taushiyah akan dilaksanakan mulai 1 Ramdhan hingga 27 Ramadhan.

9. Pelayanan kultum dan ceramah

Kegiatan diperuntukkan bagi masjid-masjid yang menawarkan kerjasama dalam mengisi kultum baik ba’da shubuh maupun kultum ba’da terawih.

10. Penyebaran CD video kajian singkat

Pembagian CD kajian singkat pada semarak ramadhan YPIA bertujuan menyebarkan dakwah ahlussunnah wal jamaah di berbagai kalangan, baik instansi pemerintah, rumah sakit, perusahaan transportasi, maupun pengusaha yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

11. Pengumpulan dan penyaluran zakat mal

Bekerja sama dengan Peduli Muslim. Zakat mal akan disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

12. Bingkisan hari raya untuk penggiat dakwah dan tokoh masyarakat

Bingkisan hari raya diberikan kepada para ustadz, pengajar ma’had, dan tokoh masyarakat yang telah berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Kegiatan ini bertujuan sebagai tanda terima kasih dan sebagai bentuk penguat rasa cinta sesama muslim.

13. Pemeriksaan kesehatan warga

Insyaallah akan dilaksanakan sekitar 1 pekan atau 2 pekan sebelum Ramadhan. Kegiatannya meliputi pemeriksaan kesehatan, edukasi kesehatan mengenai cara menjaga tubuh agar tetap sehat selama berpuasa, pemberian obat sesuai hasil pemeriksaan, dan pemberian snack sehat. Diperuntukkan untuk warga di wilayah Pedukuhan Pogung

Demikianlah serangkain kegiatan yang telah direncanakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari untuk menyemarakkan datangnya Bulan Ramadhan 1437 H. YPIA juga membuka kesempatan untuk para muhsinin yang ingin berpartisipasi dalam amal sholih ini. Semoga Allah memudahkan jalan dakwah ini dan menjadikan manfaat yang besar di dalamnya.

___

Berikut ini proposal Semarak Ramadhan YPIA Yogyakarta 1437H / 2016M

download-proposal

🔍 Hukum Bekerja Di Asuransi, Al Waqfea, Ruqyah Dalam Pandangan Islam, Doa Menjelang Magrib, Video Nasyid Islami


Artikel asli: https://muslim.or.id/28034-semarak-ramadhan-ypia-yogyakarta-1437h-2016m.html